Hasnah, Radhiatul (2021) Konsep tawakkal dalam QS Ali Imran (tafsir maudhu’i) serta implikasi dalam pendidikan islam. JURNAL CERDAS MAHASISWA, 3 (1).
8-Konsep tawakkal dalam QS Ali Imran (tafsir maudhu’i) serta implikasi dalam pendidikan islam.pdf - Published Version
Download (712kB)
Abstract
Hasil dari penelitian ini adalah konsep tawakkal dalam Q.S Ali-Imran terdapat beberapa
ayat dan penulis memberikan tema pada ayat tentang tawakkal yaitu: (1) perintah tawakkal pada
ayat 122, (2) tawakkal setelah ikhtiar pada ayat 159-160, dan (3) Allah sebaik-baik
pelindung/wakil pada ayat 173-174. Dalam Q.S Ali-Imran ini juga terdapat keterkaitan terhadap
komponen pendidikan Islam, terhadap komponen pendidik, komponen peserta didik, komponen
tujuan pendidikan Islam yakni menjadikan peserta didik “insan kamil” dengan bentuk taqwa,
berilmu berakhlak mulia (tawakkal) dan terhadap komponen materi pendidikan Islam. Materi
pendidikan Islam diantaranya pendidikan akhlak yang terbagi menjadi akhlak kepada Allah,
akhlak kepada sesama dan lain-lain. Akhlak kepada Allah salah satunya adalah sikap tawakkal.
Kata Kunci: Tawakkal dalam Q.S Ali-Imran, Pendidikan Islam
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > L Education (General) |
Depositing User: | Zulfitri Pustakawan |
Date Deposited: | 07 Mar 2023 07:43 |
Last Modified: | 07 Mar 2023 07:43 |
URI: | https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/1180 |