Hasnah, Radhiatul and Marhamah, Marhamah (2022) The implementation of father and son story in the Al-Qur’an in the family character education. TA’DIB JOURNAL, 25 (2). ISSN 2580-2771
4-The implementation of father and son story in the Al-Qur’an in the family character education.pdf - Published Version
Download (574kB)
Abstract
Tulisan ini
membahas pembelajaran yang terdapat dalam Al-Qur an,
kisah Ayah dan Putranya serta membahas bagaimana
kontribusinya dalam pendidikan karakter keluarga.
Penelitian ini berkategori deskriptif kualitatif,
memaparkan sejarah seorang Ayah dan anak laki-lakinya
dalam Al-Qur’an dan bagaimana penerapannya dalam
pendidikan akhlak keluarga. Teknik pengumpulan data
adalah wawancara dan observasi. Temuan menunjukkan
peran ayah dalam mendidik anak menggunakan beberapa
pendekatan yang masih relevan dengan konteks kekinian.
TA’DIB JOURNAL, 25 (2), 2022, (June-December)
ISSN: 1410-8208 (Print) 2580-2771 (Online)
Available online at http://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/takdib/index
Received: 22-03-2022; Revised: 14-06-2022; Accepted: 31-10-2022
224
TA’DIB, Volume 25 No 2, December 2022
Pendekatan tersebut meliputi pendekatan pengalaman,
pendekatan pembiasaan dan pendekatan emosional.
Beberapa keluarga yang menjadi objek penelitian telah
menerapkan ketiga pendekatan tersebut.
Keywords: Educational approach; al-Quran based story; moral education
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > L Education (General) |
Depositing User: | Zulfitri Pustakawan |
Date Deposited: | 07 Mar 2023 07:33 |
Last Modified: | 20 Mar 2023 09:14 |
URI: | https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/1176 |