Search for collections on Scholar Repository UIN Imam Bonjol Padang

REPOSITORI INSTITUSI MENUNJANG AKREDITASI PROGRAM STUDI

Zulfitri, - (2018) REPOSITORI INSTITUSI MENUNJANG AKREDITASI PROGRAM STUDI. REPOSITORI INSTITUSI MENUNJANG AKREDITASI PROGRAM STUDI, 2 (1). pp. 1-11. ISSN 2579-3160

[thumbnail of Artikel] Text (Artikel)
zilfitri_REPOSITORI.pdf - Published Version

Download (138kB)

Abstract

Istilah akreditasi tidak asing lagi bagi instansi pendidikan, terutama perguruan
tinggi. Akreditasi merupakan proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas
komitmen perguruan tinggi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan Tridarma
perguruan tinggi, untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan. Sistem
informasi dan fasilitas-fasilitas yang munujang pembelajaran di perguruan tinggi dan
program studi juga termasuk prioritas penilaian dari akreditasi, di antaranya sistem
informasi di perpustakaan, salah satunya adalah repository institusi. Repositori institusi
sangat berperan dalam menunjang akreditasi program studi ini, yaitu meningkatkan
reputasi dan peringkat lembaga yang bersangkutan dan meningkatkan visibilitas para
penulis terutama dosen dari suatu program studi. Adapun peringkat suatu lembaga dapat
diukur melalui webometrik yang dilakukan oleh The Consejo Superior de Investigaciones
Cientificas (CSIS), yaitu lembaga riset yang berkedudukan di Spanyol. Pemeringkatan ini
dilakukan untuk menunjukkan keluasan atau keterjangkauan akses repositori digital suatu
perguruan tinggi dengan indikator webnya antara lain berupa visibilitas global, size, rich
file dan impact repository ilmiah.
Kata kunci : Akreditasi, Repositori Institusi, Perguruan Tinggi dan Program Studi

Item Type: Article
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: UPT Perpustakaan > Pustakawan
Depositing User: Users 36 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2023 07:12
Last Modified: 16 Feb 2023 07:12
URI: https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/1127

Actions (login required)

View Item
View Item