Search for collections on Scholar Repository UIN Imam Bonjol Padang

Hubungan kebiasaan belajar dengan hasil belajar peserta didik kelas VIII di MTsN 5 Agam Tiku

Remiswal, Remiswal (2021) Hubungan kebiasaan belajar dengan hasil belajar peserta didik kelas VIII di MTsN 5 Agam Tiku. JURNAL AL-TAUJIH: BINGKAI BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAMI, 7 (1). ISSN 2715-7571

[thumbnail of JURNAL] Text (JURNAL)
27-Hubungan kebiasaan belajar dengan hasil belajar peserta didik kelas VIII di MTsN 5 Agam Tiku.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional. Sampel penelitian diambil dengan cara simple random sampling sehingga diperoleh
71 orang peserta didik untuk mewakili populasi peserta didik kelas VIII di MTsN 5 Agam Tiku. Kepada 71 sampel ini diberikan angket tentang kebiasaan belajar yang kemudian datanya diolah mengunakan SPSS Versi 20. Data penelitian selanjutnya dianalisis menggunakan rumus Product
Moment Correlation coefisien Karl Pearsons. Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa kebiasaan belajar dan hasil belajar peserta didik berada dalam kategori cukup baik dengan nilai korelasinya sebesar 0,396. Nilai korelasi ini lebih besar dari nilai korelasi pada tabel dimana untuk taraf signifikan 1% nilainya sebesar 0,302 dan untuk taraf 5% nilainya 0,232. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kebiasaan belajar maka semakin tinggi juga hasil belajar yang diperoleh peserta didik kelas VIII di MTsN 5 Agam Tiku dan begitu pula
sebaliknya.
Kata Kunci: kebiasaan belajar, hasil belajar, kuantitaf korelational.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > L Education (General)
Depositing User: Zulfitri Pustakawan
Date Deposited: 05 Jan 2023 08:32
Last Modified: 05 Jan 2023 08:32
URI: https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/1060

Actions (login required)

View Item
View Item