Firdaus, Firdaus (2022) Halal marketing elements as determinants of consumer product purchase decisions. INDONESIAN JOURNAL OF HALAL, 5 (1). ISSN 2656-4963
8-Halal marketing elements as determinants of consumer product purchase decisions.pdf - Published Version
Download (231kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh unsur pemasaran halal terhadap pilihan konsumen
dengan menggunakan metode paradigma positivist dan kuantitatif. Populasi terdiri dari 398.561 penduduk
yang bekerja di Kota Padang, mengikuti Survei Angkatan Kerja Nasional Agustus 2019. Rumus Slovin
digunakan untuk mendapatkan jumlah sampel sebanyak 400 responden. Selain itu, teknik purposive sampling
digunakan untuk memperoleh data, yang kemudian dianalisis menggunakan analisis jalur. Fokus utama
adalah pada elemen pemasaran halal yang berkontribusi pada keputusan pembelian produk konsumen. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pilihan konsumen ditentukan oleh elemen inti pemasaran halal, termasuk
positioning halal, diferensiasi, dan branding. Selanjutnya, positioning dan diferensiasi halal secara signifikan
mempengaruhi branding dan pilihan konsumen. Pilihan konsumen halal dipengaruhi oleh positioning dan
diferensiasi melalui branding. Halal positioning mempengaruhi penerapan high dan low halal branding
sebesar 52%. Diferensiasi halal mempengaruhi tinggi rendahnya halal branding sebesar 21%. Pilihan
konsumen halal dipengaruhi oleh positioning, diferensiasi, dan branding masing-masing sebesar 28%, 35%,
dan 30%. Hasil ini menunjukkan efek tidak langsung yang rendah dari branding. Penerapan tinggi rendahnya
pilihan konsumen halal dipengaruhi oleh positioning dan diferensiasi melalui branding masing-masing
sebesar 18% dan 7%.
Kata kunci:. Halal, Pemasaran, Keputusan Pembelian
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > L Education (General) |
Depositing User: | Zulfitri Pustakawan |
Date Deposited: | 05 Jan 2023 04:55 |
Last Modified: | 05 Jan 2023 04:55 |
URI: | https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/1049 |