Search for collections on Scholar Repository UIN Imam Bonjol Padang

Pendekatan psikologi agama dalam pendidikan karakter menurut Al-Qur’an Surah Al-A’raf 50-52

Zulheldi, Zulheldi (2019) Pendekatan psikologi agama dalam pendidikan karakter menurut Al-Qur’an Surah Al-A’raf 50-52. JURNAL AL-TAUJIH: BINGKAI BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAMI, 5 (2). ISSN 2502-0625

[thumbnail of JURNAL] Text (JURNAL)
8-Pendekatan psikologi agama dalam pendidikan karakter menurut Al-Qur’an Surah Al-A’raf 50-52.pdf - Published Version

Download (354kB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan salah satu masalah utama yang ingin
diselesaikan oleh al-Qur'an. Jika disebutkan dengan kata-kata atau kalimat sederhana,
masalah manusia pertama yang dikunjungi oleh al-Qur’an adalah masalah moral, yang
dalam kapasitas tertentu bisa disebut dengan karakter. Rasulullah SAW. sendiri menegaskan
bahwa ia diutus oleh Allah adalah untuk membuat manusia yang berkarakter baik. Selain
mengasah logika, pendekatan psikologis (dalam hal ini, tentu saja psikologi agama) sangat
diandalkan oleh al-Qur'an dalam menggantikan kebrutalan komunitas Arab Jahiliyah
dengan kesalehan. Mempengaruhi jiwa seseorang untuk takut melakukan dosa dan
melipatgandakan kebaikan adalah cara hebat yang ditunjukkan oleh ayat 50-52 dari Surat
al-A'raf. Allah mencoba mengendalikan jiwa seseorang sedemikian rupa sehingga ia benar-
benar menjaga jarak dari semua kerusakan yang dapat menyeretnya ke neraka.
Kata Kunci : Psikologi agama, pendidikan karakter, 50-52, jiwa, kafir.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > L Education (General)
Depositing User: Zulfitri Pustakawan
Date Deposited: 02 Jan 2023 08:22
Last Modified: 02 Jan 2023 08:22
URI: https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/1029

Actions (login required)

View Item
View Item