Search for collections on Scholar Repository UIN Imam Bonjol Padang

Penerapan model pembelajaran artikulasi dalam meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadits (studi pada siswa kelas VII B di MTs Thamrin Yahya Rambah Hilir)

Bashori, Bashori (2016) Penerapan model pembelajaran artikulasi dalam meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadits (studi pada siswa kelas VII B di MTs Thamrin Yahya Rambah Hilir). HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 5 (2).

[thumbnail of JURNAL] Text (JURNAL)
21-Penerapan model pembelajaran artikulasi dalam meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadits (studi pada siswa kelas VII B di MTs Thamrin Yahya Rambah Hilir).pdf - Published Version

Download (194kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Al-Qur;an Hadits
siswa kelas VII B pada materi memahami isi kandungan surat Al-Kafirun dan Al-
Bayyinah di MTs Thamrin Yahya Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu. Subjek
dalam penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas VII B yang berjumlah 30
orang siswa yang terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa
perempuan. Sementara objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran
artikulasi untuk meningkatkan hasil belajar Al-Qur;an Hadits siswa kelas VII B
pada materi memahami isi kandungan surat Al-Kafirun dan Al-Bayyinah di MTs
Thamrin Yahya Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu. Pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan teknik observasi dan tes hasil belajar. Hasil analisis
data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran artikulasi dapat
meningkatkan hasil belajar al-Qur’an Hadits siswa kelas VII B pada materi
memahami isi kandungan surat al-Kafirun dan al-Bayyinah, dari rata-rata sebesar
63,33 pada sebelum tindakan menjadi 70,57 pada siklus I dan 78,03 pada siklus II.
Hasil uji hipotesis diperoleh harga to sebesar 18,631 jauh lebih besar dari nilai ttabel
pada taraf signifikan 5% (2,04) maupun pada taraf signifikan 1% (2,75). Dengan
demikian hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Artikulasi, Hasil Belajar, Al-Qur’an Hadits.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > L Education (General)
Depositing User: Zulfitri Pustakawan
Date Deposited: 17 Nov 2022 04:58
Last Modified: 17 Nov 2022 04:58
URI: https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/668

Actions (login required)

View Item
View Item