Search for collections on Scholar Repository UIN Imam Bonjol Padang

Gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan (studi kasus di MAN Godean Sleman Yogyakarta)

Bashori, Bashori (2016) Gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan (studi kasus di MAN Godean Sleman Yogyakarta). TA’DIB JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, V (1). ISSN 1411-8173

[thumbnail of JUNRNAL] Text (JUNRNAL)
7-Gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan (studi kasus di MAN Godean Sleman Yogyakarta).pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Gaya kepemimpinan merupakan salah satu faktor penentu terciptanya iklim sekolah yang
kondusif dan kinerja sistem organisasi yang baik. Dalam lingkungan yang kondusif akan
menciptakan mutu layanan pendidikan yang baik pula. Untuk meningkatkan mutu layanan
pendidikan, tulisan ini bertujuan menperoleh hasil penelitian model gaya kepemimpinan
yang dilakukan di MAN Godean Sleman Yogyakarta. Berdasarkan penelitian ini, diperoleh
hasil bahwa gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu layanan
pendidikan di MAN Godean menggunakan gaya kepemimpinan demokratis, hal ini dapat
dilihat dari perilaku kepemimpinan yaitu; (a) mengembangkan sumber daya dan kreativitas
karyawan; (b) mengembangkan partisipatif karyawan; (c) musyawarah dan mufakat,
dalam merencanakan dan mengevaluasi seluruh kegiatan; dan (d) pembagian tugas dan
wewenang disesuaikan dengan kemampuan pendidik dan tenaga kependidikan, sehingga
tugas dan wewenang tersebut dapat terlaksana. Dari hasil tersebut tentu pengaruh mutu
layanan pendidikan di sekolah tersebut menjadi lebih baik karena menggunakan gaya
kepemimpinan demokratis.
Kata Kunci: Gaya kepemimpinan, Mutu layanan, Pendidikan.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > L Education (General)
Depositing User: Zulfitri Pustakawan
Date Deposited: 17 Nov 2022 04:05
Last Modified: 17 Nov 2022 04:05
URI: https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/654

Actions (login required)

View Item
View Item