Search for collections on Scholar Repository UIN Imam Bonjol Padang

Pengembangan Bahan Ajar Membaca (Qiroah) dengan menggunakan Pendekatan Komunikatif untuk Mahasiswa Pusat Bahasa Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Rahmawati, Rahmawati (2017) Pengembangan Bahan Ajar Membaca (Qiroah) dengan menggunakan Pendekatan Komunikatif untuk Mahasiswa Pusat Bahasa Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Masters thesis, UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG.

[thumbnail of DISERTASI] Text (DISERTASI)
DISERTASI FINAL.pdf - Published Version

Download (28MB)

Abstract

Kemampuan membaca adalah salah satu keterampilan dalam pembelajaran
bahasa Arab. Diantara permasalahan pembelajaran di Pusat Bahasa UIN Imam
Bonjol Padang adalah belum tersedianya buku ajar yang sesuai dengan kebutuhan
dan tingkat kemampuan mahasiswa. Peneliti melihat pengembangan bahan ajar
membaca dengan menggunakan pendekatan komunikatif cocok dengan kebutuhan
mahasiswa dan dapat mencapai tujuan kompetensi membaca tingkat dasar.
Tujuan penelitian ini untuk: (1) Menghasilkan buku ajar keterampilan
membaca dengan pendekatan komunikatif bagi mahasiswa Pusat Bahasa UIN
Imam Bonjol Padang, (2) Menggambarkan karakteristik bahan ajar keterampilan
membaca dengan pendekatan komunikatif bagi mahasiswa Pusat Bahasa UIN
Imam Bonjol Padang, (3) Mengukur efektifitas penggunaan bahan ajar
keterampilan membaca dengan pendekatan komunikatif dalam meningkatkan
kemampuan membaca mahasiswa Pusat Bahasa UIN Imam Bonjol Padang.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan yang
dikembangkan oleh Borg dan Gall yang terdiri atas 10 langkah yaitu: analisis
masalah dan kebutuhan, pengumpulan informasi dan studi literatur, desain
produk, validasi desain, revisi desain, uji coba terbatas, revisi produk, uji coba
luas, revisi akhir dan pembuatan produk akhir. Data yang akan dianalisis bersifat
kuantitatif dan kualitatif yang bersumber dari ahli, dosen dan mahasiswa.
Pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi, wawancara, tes dan
dokumentasi.
Adapun hasil penelitian ini adalah : (1) Tersedianya buku ajar membaca
yang efektif dengan menggunakan pendekatan komunikatif pada pembelajaran
bahasa Arab intensif di UIN Imam Bonjol Padang. (2) Buku ajar ini memiliki
kekhasan yaitu menggunakan pendekatan komunikatif manipulatif untuk
pembelajaran membaca tingkat dasar bagi mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang.
(3) Buku ajar membaca yang dikembangkan dengan menggunakan pendekatan
komunikatif ini telah memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan
kemampuan membaca mahasiswa Pusat Bahasa UIN Imam Bonjol Padang.
Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa pendekatan komunikatif yang
tepat digunakan dalam pembelajaran intensif untuk meningkatkan kemampuan
membaca tingkat dasar adalah pendekatan komunikatif yang manipulatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Zulfitri Pustakawan
Date Deposited: 24 Oct 2022 03:33
Last Modified: 24 Oct 2022 03:33
URI: https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/492

Actions (login required)

View Item
View Item