Search for collections on Scholar Repository UIN Imam Bonjol Padang

Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKDP) berbasis reciprocal teaching pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTsN 2 Kota Pariaman

Kustati, Martin (2022) Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKDP) berbasis reciprocal teaching pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTsN 2 Kota Pariaman. JURNAL CERDAS MAHASISWA, 4 (1).

[thumbnail of JURNAL] Text (JURNAL)
52-Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKDP) berbasis reciprocal teaching pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTsN 2 Kota Pariaman.pdf - Published Version

Download (650kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan
LKPD matematika berbasis Reciprocal Teaching yang valid dan praktis. Subjek penelitian adalah
peserta didik kelas VIII MTsN 2 Kota Pariaman. Penelitian ini dilaksanakan dengan model 4-D
yang terdiri dari 4 tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan
(develop) dan penyebaran (disseminate). Pada penelitian ini dibatasi sampai tahap
pengembangan (develop). Tahap pendefenisian (define) terdiri dari analisis silabus, analisis
literatur, analisis konsep, perumusan tujuan pembelajaran, analisis pendidik dan peserta didik.
Pada tahap perancangan (design) dilakukan perancangan LKPD berbasis Reciprocal Teaching
dan penyusunan instrumen penlilaian LKPD. Pada tahap pengembangan (develop) dilakukan uji
validitas LKPD dan uji praktikalitas LKPD. Uji validitas LKPD dilakukan oleh lima orang pakar
yaitu 3 pakar ahli matematika, 1 pakar ahli bahasa Indonesia, 1 pakar ahli teknologi pendidikan.
Uji praktikalitas terhadap LKPD dilihat dari angket praktikalitas dan hasil wawancara pendidik
dan peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis
Reciprocal Teaching memenuhi kriteria valid dengan rata-rata kevalidan 81,8 % dan memenuhi
kriteria sangat praktis dengan rata-rata kepraktisan 89% oleh pendidik dan memenuhi kriteria
sangat praktis dengan rata-rata kepraktisan 86,75 % oleh peserta didik. Secara umum, LKPD
berbasis Reciprocal Teaching valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran matematika pada
Bangun Ruang Sisi Datar.
Kata kunci— LKPD, Reciprocal Teaching, Bangun Ruang Sisi Datar

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > L Education (General)
Depositing User: Zulfitri Pustakawan
Date Deposited: 19 Oct 2022 04:16
Last Modified: 19 Oct 2022 04:16
URI: https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/439

Actions (login required)

View Item
View Item