Search for collections on Scholar Repository UIN Imam Bonjol Padang

Penerapan strategi catatan terbimbing (guided note taking) dalam pembelajaran fiqih

Trinova, Zulvia (2017) Penerapan strategi catatan terbimbing (guided note taking) dalam pembelajaran fiqih. JURNAL TARBIYAH AL-AWLAD, VII (1).

[thumbnail of JURNAL] Text (JURNAL)
61-PENERAPAN STRATEGI CATATAN TERBIMBING (GUIDED NOTE TAKING) DALAM PEMBELAJARAN FIQIH.pdf - Published Version

Download (405kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman guru terhadap strategi
dan teknik pembelajaran.Guru tidak menyampaikan pembelajaran sesuai dengan langkah�langkah strategi yang digunakan dalam proses belajar.Guru terlalu cepat menyampaikan
materi.Kurangnya ke aktifan siswa dalam belajar.Siswa kurang fokus memperhatikan materi
yang di sampaikan guru. Kurangnya motivasi siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, serta kendala-kendala dalam penggunaan
strategi Catatan Terbimbing (Guided Note Taking) pada mata pelajaran Fiqih di kelas IV
MIN Kota Solok.
Penelitian ini adalah field researchdengan metode kualitatif jenis deskriptif. Sumber
data dalam penelitian ini adalah yang pertama data primer dari guru kelas IV dan siswa kelas IV MIN Kota Solok, selanjutnya data sekunder Kepala MIN Kota Solok. Teknik
pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Temuan penelitian adalah: (1) pada perencanaan Strategi Catatan Terbimbing (Guided
Note Taking), guru kelas IV telah nenyiapkan RPP, namun tidak sesuai dengan langkah�langkah Strategi Catatan Terbimbing (Guided Note Taking), (2) Pelaksanaan pembelajaran
dalam pelaksanaan Strategi Catatan Terbimbing (Guided Note Taking) pada mata pelajaran
Fiqih sudah dilaksanakan, namun pelaksanaannya belum sesuai dengan langkah-langkahnya.
(3) Kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan Strategi Catatan Terbimbing (Guided
Note Taking), yaitu guru kesulitan dalam membuat bahan ajar, guru mengalami kesulitan
biaya dalam membuat bahan ajar, alokasi waktu yang tidak cukup.Penulis menyimpulkan
bahwa penerapan Strategi Catatan Terbimbing (Guided Note Taking) tidak sesuai dengan
langkah-langkah Strategi Catatan Terbimbing (Guided Note Taking) dan penulis
menyarankan agar guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang disesuaikan dengan
langkah-langkah strategi yang di gunakan saat pembelajaran serta menyesuaikan dengan
tujuan pembelajaran, guru juga harus mengetahui karakteristik siswa dan kondisi
pembelajaran.
Kata Kunci: Strategi Catatan Terbimbing, Guided note Taking, Fiqih

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > L Education (General)
Depositing User: Zulfitri Pustakawan
Date Deposited: 14 Oct 2022 03:37
Last Modified: 14 Oct 2022 03:37
URI: https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/399

Actions (login required)

View Item
View Item