Search for collections on Scholar Repository UIN Imam Bonjol Padang

Reinforcement dalam peningkatan motivasi belajar fikih

Trinova, Zulvia (2019) Reinforcement dalam peningkatan motivasi belajar fikih. MURABBY: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 2 (2). ISSN 2622-4712

[thumbnail of JURNAL] Text (JURNAL)
57-REINFORCEMENT DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR FIKIH.pdf - Published Version

Download (284kB)

Abstract

Guru dapat menciptakan suasana dan proses belajar agar bisa secara aktif mengembangkan
potensi diri peserta didik di MTsN. Guru yang mengajar secara monoton dan tidak variatif dapat
menimbulkan kejenuhan dan kebosanan peserta didik yang berakibat pada kemalasan dan perbuatan�perbuatan yang mengganggu proses belajar mengajar. Guru dapat melakukan pemberian penguatan
dalam meningkatkan motivasi belajar dengan mendeskripsikan bentuk-bentuk pemberian penguatan
(reinforcement) dalam meningkatkan motivasi belajar, motivasi peserta didik dalam pembelajaran,
implikasi dari pemberian penguatan (reinforcement) dalam meningkatkan motivasi belajar. Bentuk
dan jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan metode
deskriptif kualitatif. Pengumpulan data digunakan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi
yang diajukan kepada guru bidang studi Fikih, kepala Madrasah dan para peserta didik MTsN.
Bentuk penguatan (reinforcement) yang sering diberikan oleh guru bidang studi Fikih dalam
meningkatkan motivasi peserta didik di MTsN yaitu bentuk penguatan verbal berupa pujian,
penghargaan dan persetujuan, dan bentuk pemberian penguatan non verbal berupa mimik, gerakan
tangan, dengan pendekatan, dan menggunakan sentuhan. Motivasi peserta didik dalam pembelajaran
Fikih di MTsN sangat tinggi yang terlihat ketika proses pembelajaran berlangsung tingginya hasrat
keingintahuan peserta didik dalam belajar Fikih, peserta didik tidak mudah putus asa dalam
mengerjakan tugas, tekun dalam mengerjakan tugas, dan berkonsentrasi dalam belajar. Sedangkan
implikasi dari pemberian penguatan ini adalah peserta didik senang belajar setelah diberikan
penguatan, menjadikan peserta didik aktif di kelas, dapat menyelesaikan tugas dengan tepat, serta
keinginan peserta didik mendapatkan nilai yang bagus.
Kata Kunci: Reinforcement, Motivasi Belajar, Pembelajaran Fikih, Keterampilan Dasar
Mengajar

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > L Education (General)
Depositing User: Zulfitri Pustakawan
Date Deposited: 14 Oct 2022 03:29
Last Modified: 14 Oct 2022 03:29
URI: https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/395

Actions (login required)

View Item
View Item