Search for collections on Scholar Repository UIN Imam Bonjol Padang

Model pembelajaran integratif dengan strategi contextual teaching and learning (CTL) di Madrasah Ibtidaiyah Negeri

Trinova, Zulvia (2020) Model pembelajaran integratif dengan strategi contextual teaching and learning (CTL) di Madrasah Ibtidaiyah Negeri. JURNAL TARBIYAH AL-AWLAD, X (1).

[thumbnail of JURNAL] Text (JURNAL)
53-MODEL PEMBELAJARAN INTEGRATIF DENGAN STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI.pdf - Published Version

Download (781kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya nilai tematik pada pembelajaran PKN dan
Bahasa Indonesia peserta didik di MIN 1 Kota Pariaman Tahun Ajaran 2019/2020 yang sebagian
besar masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75. Pembelajaran masih didominasi
oleh pendidik sehingga peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran, peserta didik kurang
berinteraksi dan kerja sama antar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil
belajar PKN dan Bahasa Indonesia peserta didik kelas II MIN 1 Kota Pariaman, yang menerapkan
Strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih baik dari hasil belajar peserta didik yang
tidak menerapkan Strategi CTL. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian Quasy Experiment dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only
Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas II MIN 1 Kota Pariaman
dengan jumlah peserta didik sebanyak 52 orang yang terdiri dari 2 kelas. Pada kelas eksperimen
diberi perlakuan berupa penerapan Strategi CTL, sedangkan kelas kontrol dengan penerapan model
pembelajaran biasa. Penelitian dilaksanakan dari bulan Juni sampai Agustus 2019. Instrumen yang
digunakan untuk mengetahui hasil belajar adalah tes akhir. Hasil menunjukkan bahwa perolehan
rata-rata nilai kelas eksperimen 78,25 dan rata-rata nilai kelas kontrol 62,5. Berdasarkan hasil uji-t
sehingga diperoleh thitung>ttabel (4,069>0,2732) dengan α= 0,05 pada taraf kepercayaan 95%. Maka
keputusannya adalah Ho ditolak dan Ha diterima artinya hasil belajar PKN dan Bahasa Indonesia
peserta didik yang menerapkan Strategi CTL baik daripada hasil belajar peserta didik yang tidak
menerapkan Strategi CTL di kelas II MIN 1 Kota Pariaman Tahun Ajaran 2019/2020.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Integratif, Contextual Teaching and Learning
(CTL), Tematik, Pembelajaran Aktif, Afektif

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > L Education (General)
Depositing User: Zulfitri Pustakawan
Date Deposited: 13 Oct 2022 08:11
Last Modified: 13 Oct 2022 08:11
URI: https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/390

Actions (login required)

View Item
View Item