Search for collections on Scholar Repository UIN Imam Bonjol Padang

Kontrol diri dan motivasi berprestasi peserta didik

Trinova, Zulvia (2019) Kontrol diri dan motivasi berprestasi peserta didik. JURNAL AL-TAUJIH BINGKAI BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAMI, 5 (2). ISSN 2502-0625

[thumbnail of JURNAL] Text (JURNAL)
24-KONTROL DIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI PESERTA DIDIK.pdf - Published Version

Download (145kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang ditemukan terlihat bahwa
dalam fenomena yang terjadi di lapangan yaitu adanya peserta didik mengobrol dengan
teman ketika jam pelajaran berlangsung, bahkan ada yang membantah, adanya peserta didik
yang duduk di warung ketika jam pelajaran sedang berlangsung dalam masalah tersebut
akan mempengaruhi kontrol diri peserta didik untuk motivasi berprestasi. Rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan kontrol diri dengan motivasi
berprestasi peserta didik kelas VIII di SMPN 28 Padang. Batasan masalah dari penelitian ini
adalah: (1) kontrol diri peserta didik kelasVIII di SMPN 28 Padang. (2) Motivasi
berprestasi peserta didik kelasVIII di SMPN 28 Padang. (3) Hubungan kontrol dengan
motivasi berprestasi peserta didik kelas VIII di SMPN 28 Padang. Tujuan dari penelitian ini
adalah: (1) untuk mengetahui gambaran kontrol diri peserta didik kelas VIII di SMPN 28
Padang. (2) untuk mengetahui gambaran motivasi berprestasi peserta didik kelas VIII di
SMPN 28 Padang, (3) untuk mengetahui gambaran hubungan kontrol diri dengan motivasi
berprestasi peserta didik kelas VIII di SMPN 28 Padang. Metode penelitian yang digunakan
adalah penelitian kuantitatif korelasional. Populasi 234 peserta didik, sampel 70 perserta
didik, teknik pengambilan sampel digunakan yaitu random sampling. Hasil yang didapatkan
yaitu terdapatnya hubungan yang signifikan antara kontrol diri dengan motivasi berprestasi
peserta didik kelas VII di SMPN 28 Padang, dimana ݎ௫௬ = 0,698 lebih besar dari taraf
signifikan yang telah ditentukan. Artinya semakin tinggi kontrol diri peserta didik maka
semangkin tinggi pula motivasi berprestasi peserta didik, dan sebaliknya semakin rendah
Kontrol diri Peserta Didik maka Semakin rendah pula Motivasi berprestasinya.
Kata Kunci : Kontrol Diri, Motivasi Berprestasi, Peserta Didik, Pengendalian Diri

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > L Education (General)
Depositing User: Zulfitri Pustakawan
Date Deposited: 13 Oct 2022 03:45
Last Modified: 13 Oct 2022 03:45
URI: https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/361

Actions (login required)

View Item
View Item