Search for collections on Scholar Repository UIN Imam Bonjol Padang

Sikap peserta didik terhadap pembelajaran pendidikan agama islam dan hubungannya dengan hasil belajar di SMPN Kota Padang

Afnibar, Afnibar (2020) Sikap peserta didik terhadap pembelajaran pendidikan agama islam dan hubungannya dengan hasil belajar di SMPN Kota Padang. AT TARBIYAH: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 11 (2).

[thumbnail of JURNAL] Text (JURNAL)
12 - Sikap peserta didik terhadap pembelajaran pendidikan agama islam dan hubungannya dengan hasil belajar di SMPN Kota Padang.pdf - Published Version

Download (192kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: tingkat sikap dan hasil belajar serta kuatu atau tidaknya hubungan keduanya dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN Kota Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengsn bentuk penelitian korelasional. Subjek penelitian adalah 176 peserta didik kelas VII dan VIII SMPN Kota Padang. Hasil penelitian analisis dari sikap peserta didik menunjukkan bahwa sikap peserta didik sangat positif sebanyak 33 orang atau sebesar 19%, pada kategori positif sebanyak 80 orang atau 45,45%, pada kategori kurang positif sebanyak 25 orang atau sebesar 15%, pada kategori negatif sebanyak 38 orang atau sebesar 22%. Hasil analisis data membuktikan bahwa hasil belajar adalah 77,13 berada pada kategori tinggi. Namun angka tersebut belum maksimal, sehingga mencapai hasil yang maksimal. Dari hasil korelasi Pearson Product Moment terdapat hubungan yang kuat dan signifikan antara sikap dengan hasil belajar dan koefisien korelasinya adalah 0,210. Dengan penelitian ini didapatkan informasi tentang hubungan sikap peserta didik terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam dengan hasil belajar di SMPN Kota Padang.

Kata Kunci : Sikap, Hasil Belajar.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > L Education (General)
Depositing User: Zulfitri Pustakawan
Date Deposited: 21 Jun 2023 18:34
Last Modified: 21 Jun 2023 18:34
URI: https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/1738

Actions (login required)

View Item
View Item