Search for collections on Scholar Repository UIN Imam Bonjol Padang

Strategi pesantren dalam meningkatkan sumber daya santri yang berkemajuan (studi pada Pondok Pesantren Perkampungan Minangkabau)

Deliani, Nurfarida (2022) Strategi pesantren dalam meningkatkan sumber daya santri yang berkemajuan (studi pada Pondok Pesantren Perkampungan Minangkabau). TATHWIR: JURNAL PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM, XIII (2). ISSN 2657-0521

[thumbnail of JURNAL] Text (JURNAL)
8-Strategi pesantren dalam meningkatkan sumber daya santri yang berkemajuan (studi pada Pondok Pesantren Perkampungan Minangkabau).pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya motivasi dari Pesantren Perkampungan Minangkabau dalam mengangkat citra pesantren di era berkemajuan seperti saat ini. Upaya tersebut menjadi sebuah strategi pesantren dalam menyeimbangkan kesibukan santri di pesantren dengan mengembangkan sumber daya yang ada. Sehingga, santri terbekali dengan keterampilan dan keahlian yang sangat berguna bagi masa depannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan subjek penelitiannya ialah Pimpinan Pondok Pesantren dan para jajaran yang telah berkontribusi dalam mengembangkan sumber daya santri yang berkemajuan. Hasil dari penelitiannya ini diantaranya: pertama, pesantren menanamkan tiga pilar pendidikan yang diantaranya: penerapan adab, penerapan tahfidz dan penerapan life skill. Kedua, pesantren mengembangkan sumber daya yang ada sehingga mengedukasi para santri dalam mengenali usaha-usaha yang memiliki dampak baik bagi masa depan terutama
yang memberikan hasil dan kontribusi dalam menjalani kehidupan nantinya.

Kata Kunci: Strategi, Pesantren, Sumber Daya

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Zulfitri Pustakawan
Date Deposited: 26 May 2023 07:06
Last Modified: 26 May 2023 07:06
URI: https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/1674

Actions (login required)

View Item
View Item