Search for collections on Scholar Repository UIN Imam Bonjol Padang

Analisis tes standar mata pelajaran pendidikan agama islam kelas VIII SMPN 1 Sungai Tarab semester genap tahun ajaran 2016/2017

Marhamah, Marhamah (2018) Analisis tes standar mata pelajaran pendidikan agama islam kelas VIII SMPN 1 Sungai Tarab semester genap tahun ajaran 2016/2017. MURABBY: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 1 (2). ISSN 2622-4712

[thumbnail of JURNAL] Text (JURNAL)
5-Analisis tes standar mata pelajaran pendidikan agama islam kelas VIII SMPN 1 Sungai Tarab semester genap tahun ajaran 20162017.pdf - Published Version

Download (714kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran validitas, reliabilitas, tingkat
kesukaran dan daya beda tes soal standar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMP
N 1 Sungai Tarab semester genap tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian yang
bersifat deskriptif kuantitatif, peneliti hanya melakukan analisis data dengan perhitungan secara
statistik, kemudian menginterpretasikan dan mendeskripsikan hasil perhitungan analisis data dari
segi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Instrumen dalam penelitian ini terdiri
dari lembar jawaban siswa berjumlah 80 lembar, 2 rangkap soal ujian mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam kelas VIII SMP N 1 Sungai Tarab semester genap tahun ajaran 2016/2017 paket A
dan paket B beserta kunci jawaban, dengan jumlah soal 50 butir. Dalam penelitian ini data diolah
secara manual dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel 2007. Teknik analisis data untuk
validitas soal menggunakan rumus korelasi point biserial, reliabilitas soal menggunakan rumus
Formula Kuder Richardson (KR20), tingkat kesukaran dan daya beda soal menggunakan
perhitungan secara statistik. Dari hasil analisis data penelitian maka diketahui bahwa sebanyak 56%
atau 28 butir soal tidak valid dan 44% atau 22 soal dinyatakan valid, dengan reliabilitas soal
termasuk kategori belum memiliki reliabilitas yang tinggi (unreliable) karena memiliki koefesien
0,40. Tingkat kesukaran soal menunjukkan 60% soal termasuk kategori tingkat kesukaran
mudah/rendah dan 40% soal termasuk tingkat kesukaran sedang/cukup. Daya beda soal
menunjukkan 10% butir soal kategori sangat jelek, 46% butir soal kategori jelek, 42% butir soal
kategori sedang dan 2% butir soal kategori baik.
Kata kunci: Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, Dayabeda

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > L Education (General)
Depositing User: Zulfitri Pustakawan
Date Deposited: 20 Mar 2023 09:04
Last Modified: 20 Mar 2023 09:04
URI: https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/1228

Actions (login required)

View Item
View Item