Search for collections on Scholar Repository UIN Imam Bonjol Padang

Pendidikan sabar dalam Al-Qur’an (kajian surat Al-Baqarah ayat 153-157)

Marhamah, Marhamah (2021) Pendidikan sabar dalam Al-Qur’an (kajian surat Al-Baqarah ayat 153-157). MURABBY: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 4 (1). ISSN 2622-4712

[thumbnail of JURNAL] Text (JURNAL)
4-Pendidikan sabra dalam Al-Qur’an (kajian surat Al-Baqarah ayat 153-157).pdf - Published Version

Download (313kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah :pertama, untuk menjelaskan bahwa ujian adalah suatu
kepastian, kedua, untuk mengajarkan tentang jenis-jenis ujian, ketiga, untuk mengajarkan sikap
sabar dalam menghadapi ujian. Penelitian ini bercorak library research dengan menggunakan
pendekatan Maudhu’i dan tahlili. Sumber data berupa Al Qur’an Surat Al-Baqarah, kitab kitab
Tafsir dan buku buku pendidikan yang berhubungan dengan analisa dan kajian penelitian.Hasil
penelitian yang didapatkan bahwa pendidikan sabar dalam al-Qur’an (kajian surat al-Baqarah ayat
153-157) sebagai berikut : pertama, bahwa ujian adalah suatu kepastian. sebagaimana terdapat
dalam awal ayat 155 surat al-Baqarah bahwa sungguh kami pasti akan menguji kamu. Ayat ini
menegaskan bahwa Allah SWT pasti akan menguji setiap manusia. Kedua, mengajarkan
beranekaragam ujian yang Allah SWT timpakan diantaranya sedikit ketakutan, kelaparan,
kemiskinan, kematian serta kekurangan gizi. Semuanya itu menuntut untuk sabar. Ketiga,
mengajarkan sifat sabar dalam menghadapi ujian dengan cara mengucapkan kalimat istirja’
(pernyataan kembali kepada Allah SWT), berdo’a kepada Allah SWT, dan tidak mengeluh terhadap
ujian yang Allah SWT berikan, kemudian yang terakhir mengambil hikmah dari setiap ujian. Karena
pada ayat terakhir Allah SWT akan memberikan balasan terhadap orang-orang yang sabar.
Kata kunci :Pendidikan Sabar, Al Qur’an Surat Al-Baqarah

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > L Education (General)
Depositing User: Zulfitri Pustakawan
Date Deposited: 20 Mar 2023 09:02
Last Modified: 20 Mar 2023 09:02
URI: https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/1227

Actions (login required)

View Item
View Item