Search for collections on Scholar Repository UIN Imam Bonjol Padang

KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI

Evalina, - (2018) KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI. KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI, 2 (1). pp. 19-30. ISSN 2579-3160

[thumbnail of Artikel] Text (Artikel)
EVALINA_KUALITAS.pdf - Published Version

Download (251kB)

Abstract

Perpustakaan perguruan tinggi merupakan perpustakaan yang bertugas
sebagai suatu unit pelaksana teknis, mengemban tugas mendukung tujuan lembaga
induknya, yaitu memberikan layanan kepada civitas akademika dan masyarakat pemakai
di sekitarnya, yang relevan dengan program Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu
pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Sebagai
jantungnya perguruan tinggi, UPT Perpustakaan harus senantiasa meningkatkan
pelayanannya terhadap seluruh civitas akademika. Kualitas layanan perpustakaan
mengacu kepada kebutuhan pemustaka. Oleh sebab itu, layanan yang baik adalah
layanan yang dapat memenuhi kebutuhan dan harapam pemustaka, maka perpustakaan
yang baik merupakan perpustakaan yang dapat memberikan pelayanan kepada pemustaka
secara cepat dan tepat, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan kualitas layanan
pada sebuah lembaga yaitu: tujuan organisasi, sistem insentif yang dipakai, sistem
akuntabilitas dan struktur kekuasaan, sebagai sebuah lembaga yang melakukan aktifitas
pelayanan, maka perpustakaan berkewajiban untuk senantiasa meningkatkan kualitas
pelayanannya agar dapat memenuhi kebutuhan dari pemustaka., kualitas pelayanan
merupakan suatu perbandingan antara harapan pemakai jasa dengan kualitas kinerja jasa
pelayanan, dengan kata lain bahwa faktor utama yang mempengaruhi kualitas pelayanan
adalah kinerja karyawan yang hasilnya dirasakan oleh pengguna jasa, sedangkan kualitas
kinerja layanan merupakan kegiatan pokok yang dilakukan oleh sebuah lembaga jasa.
Pelayanan dan fasilitas yang disediakan kepada pemakai itu akan selalu dirasakan dan 20 Jurnal Imam Bonjol: Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan,
Vol 2, No 1, Maret 2018
diketahui oleh pemakai, sehingga menimbulkan sikap tertentu dari pemakai terhadap
fasilitas dan pelayanan tersebut.
Kata Kunci : Kualitas pelayanan. Perpustakaan perguruan tinggi

Item Type: Article
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: UPT Perpustakaan > Pustakawan
Depositing User: Users 36 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2023 03:35
Last Modified: 16 Feb 2023 03:35
URI: https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/1120

Actions (login required)

View Item
View Item