Search for collections on Scholar Repository UIN Imam Bonjol Padang

Pendekatan multicultural dalam meningkatkan toleransi keberagaman di Sekolah Dasar (SD) Swasta Anwar Karim III Kabupaten Pasaman Barat

Remiswal, Remiswal (2019) Pendekatan multicultural dalam meningkatkan toleransi keberagaman di Sekolah Dasar (SD) Swasta Anwar Karim III Kabupaten Pasaman Barat. HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 8 (2).

[thumbnail of JURNAL] Text (JURNAL)
31-Pendekatan multicultural dalam meningkatkan toleransi keberagaman di Sekolah Dasar (SD) Swasta Anwar Karim III Kabupaten Pasaman Barat.pdf - Published Version

Download (447kB)

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam memberikan kontribusi yang besar kepada peserta didik untuk bisa menerima perbedaan yang ada serta dapat mengembangkan sikap saling menghargai, menghormati dan membangun sikap saling mengerti, saling percaya antar sesamanya. Kedua, Pendekatan
multikultural dalam meningkatkan sikap toleransi melalui budaya sekolah di SD Swasta Anwar Karim III terlihat begitu kuat. Hal ini terlihat dari pelaksanaan unsur-unsur toleransi yang diwujudkan melalui program pengembangan diri, perencanaan dan pelaksanaan pendidikan karakter yang dilakukan melalui pengintegrasian ke dalam kegiatan sehari-hari di sekolah. Peserta didik mendapatkan perlakuan sesuai bakat, minat, dan kemampuannya, memperoleh pendidikan agama sesuai agama yang dianutnya, serta memperoleh penilaian
hasil belajar. Pengintegrasian juga diterapkan melalui kegiatan rutin dan kegiatan ekstrakurikuler.
Kata Kunci: Multikultural, Toleransi, dan Keberagamaan

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > L Education (General)
Depositing User: Zulfitri Pustakawan
Date Deposited: 05 Jan 2023 08:47
Last Modified: 05 Jan 2023 08:47
URI: https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/1064

Actions (login required)

View Item
View Item