Search for collections on Scholar Repository UIN Imam Bonjol Padang

Analisis rencana pelaksanaan pembelajaran tematik terintegrasi keterampilan 4C di Kelas IV MI/ SD

Remiswal, Remiswal (2021) Analisis rencana pelaksanaan pembelajaran tematik terintegrasi keterampilan 4C di Kelas IV MI/ SD. JURNAL CERDAS MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN IB PADANG, 3 (1).

[thumbnail of JURNAL] Text (JURNAL)
29-Analisis rencana pelaksanaan pembelajaran tematik terintegrasi keterampilan 4C di Kelas IV MI SD.pdf - Published Version

Download (806kB)

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian ini dalam pembuatan RPP sesuai dengan komponen dari keterampilan 4C dan sesuai dengan
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 14 tahun 2019 tentang penyederhanaan rencana pelaksanaan pembelajaran. Kendala yang dihadapi guru dalam
penyusunan RPP tematik integrasi keterampilan 4C yakni kurangnya pemahaman guru tentang keterampilan 4C dan cara mengintegrasikannya dalam pembelajaran tematik. Strategi yang digunakan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP tematik integrasi keterampilan 4C dengan: (1) mengadakan pelatihan atau workshop dari sekolah maupun
pemerintah; (2) guru mempelajari RPP dengan seksama; (3) guru mengikuti seminar yang berkaitan dengan RPP terutama yang berkaitan dengan keterampilan abad 21.
Kata Kunci: RPP Tematik, Integrasi, Keterampilan 4C

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > L Education (General)
Depositing User: Zulfitri Pustakawan
Date Deposited: 05 Jan 2023 08:42
Last Modified: 05 Jan 2023 08:42
URI: https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/1062

Actions (login required)

View Item
View Item