Search for collections on Scholar Repository UIN Imam Bonjol Padang

Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik kelas IV SD/ MI

Remiswal, Remiswal (2020) Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik kelas IV SD/ MI. TARBIYAH AL-AWLAD, X (2).

[thumbnail of JURNAL] Text (JURNAL)
12-Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik kelas IV SD MI.pdf - Published Version

Download (541kB)

Abstract

Permasalahan yang banyak terjadi di SD/MI adalah kurang tersedianya LKPD yang
berbasis inkuiri terbimbing dalam pembelajaran tematik dan kurang menarik, hal tersebut berdampak
kepada keterampilan berfikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar
Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis inkuiri terbimbing pada tema indahnya kebersamaan di kelas IV
SD/MI yang valid, praktis dan efektif terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik. Penelitian ini
merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, dan
Disseminate). Hasil penelitian diperoleh LKPD yang dikembangkan dikategorikan sangat valid untuk
aspek kelengkapan LKPD (89), isi dikategorikan sangat valid (95), dan bahasa kategori valid (65).
Hasil uji praktikalitas berada pada kategori sangat praktis, pendidik (95) dan peserta didik (82). Hasil
uji efektifitas terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik sebanyak 30 orang adalah 87,7 kategori
sangat efektif. Berdasarkan paparan data tersebut LKPD berbasis inkuiri terbimbing layak digunakan
karena telah dikategorikan valid, praktis dan efektif untuk melatih berfikir kritis pada peserta didik di
kelas IV SD/MI.
Kata kunci: Lembar Kerja Peserta didik, inkuiri terbimbing, berfikir kritis

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > L Education (General)
Depositing User: Zulfitri Pustakawan
Date Deposited: 05 Jan 2023 07:57
Last Modified: 05 Jan 2023 07:57
URI: https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/1050

Actions (login required)

View Item
View Item